Banner 468 x 60px


Sedia bibit lele dan lele konsumsi | Pemesanan bisa datang langsung atau online | Melayani Pengiriman Lokal dan Luar daerah seta luar pulau| Komplek Siliwangi Jaya Desa Negla Rt.03/07 Losari - Brebes, Jawa Tengah | call - sms - wa 08978871061 / 087705000294
 

Saturday, May 26, 2018

Tips Budidaya Lele bagi Pemula

0 comments

TIPS BUDIDAYA LELE BAGI PEMULA

Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar. Saat ini lele telah menjadi ikan favorit di kalangan masyarakat. Sehingga permintaan lele dipasaran terus meningkat. Bagi anda yang ingin menekuni bisnis lele ini sangatlah mudah. Kebutuhan modal yang dibutuhkan terbilang kecil serta perawatanya sangat mudah. Prospek bissnis ternak lele pemula ini sangatlah menjajikan. Kemudahan akan berternak lele membuat jenis bisnis ini sangat cocok bagi anda peternak pemula. Adapun aspek-aspek penting yang harus anda perhatikan sebagai peternak pemula adalah sebagai berikut :
-          Ikan lele hidup pada tempat yang memiliki suhu berkisar antara 20 hingga 20 drajat celcuz
-          Kolam ternak lele sebaiknya tidak terkontaminasi dengan limbah industri atau pabrik
-       Ikan lele sangat suka ditempatkan pada perairan yang tenang. Air keruh tidak akan menjadi lele dapat  hidup pada air dengan kadar oksigen yang rendah
-          Permukaan kolam sebaiknya jangan ditutup

Persiapan kolam untuk ternak lele pemula

Sebelum pembuatan kolam, sebaiknya lahan yang anda gunakan sudah ditentukan. Criteria lahan yang baik untuk ternak lele pemula diantaranya adalah bias akses dengan kendaraan, dekat dengan sumber air serta jauh dari wilaayah padat penduduk. Karena proses ternak lele ini akan menimbulakan polusi udara berupa bau tidak sedap.
Untuk ukuran lahan, dapat anda tentukan sesuai keinginan anda. Tahap selanjutnya adalah lakukan penggalian tanah dengan ukuran kedalaman 80cm. setelah itu masukan terpal dengan mengikuti bentuk kolam
Setelah pemasangan terpal, lakukan proses pengapuran menggunakan kapur dolomit. Pengapuran dilakukan untuk pembersihan dari penyakit-penyakit yang dapat menyerang ikan lele anda. Disamping itu kapur dolomite juga berfungsi untuk mengembalikan keasaman tanah.
Langkah selanjutnya adalah memasukan air kedalam kolam dengan ketinggian air 30 cm. Setelah air dimasukan kedalam kolam, sebaiknya jangan langsung dimasukan ikan lele. Lakukan proses pendiaman kolam selama 4 hari. Tujuanya untuk menumbuhkan plankton yang akan menjadi pakan alami lele anda.

Memilih indukan untuk ternak lele pemula

Untuk memulai bisnis ternak lele pemula, sebaiknya anda menggunakan indukan yang berkualitas. Untuk mendapatkan  indukan  yang berkualitas dapat anda lihat pada fisik lelenya. Fisik indukan lele berkualitas memiliki cirri fisik sebagai berikut .

Ciri pejantan lele yang baik :

-          Memiliki perut ramping dan tidak terlihat besar daripada punggungnya.
-          Bagian tulang kepala terlihat pipih.
-          Warnanya lebih gelap
-          Gerakanya lincah
-          Memiliki alat kelamin yang berbentuk runcing

Ciri indukan betina yang baik :

-          Perut terlihat mengembang besar daripada punggung.
-          Kepala terlihat cembung.
-          Gerakanya lamban
-          Warna terlihat lebih cerah.
-          Alat kelamin terlihat berbentuk bulat.

Proses pemijahan

Proses pemijahan merupakan tahap untuk mengawinkan pejanjan dengan indukan betina. Lele yang siap kawin dapat anda lihat dari warna kelaminya. Untuk pejantan warna kelaminya merah dan untuk indukan betina berwarna kuning. Sel telur ikan lele yang telah dibuahi akan menempel pada sarang dengan jangka waktu 24 jam. Setelah itu telur akan menetas dan menjadi anakan ikan lele.
Pemindahan benih lele
Langkah selanjutnya adalah memindahkan anakan atau benih lele. Proses pemindahan harus anda lakukan dengan hati-hati. Tahapan pemindahan benih lele yang benar yaitu dengan mengurangi ketinggian air di dalam kolam.
                                                                Benih lele
Kurangi tinggi air sebasar 10 hingga 20 cm . setelah air berkurang, barulah anda mengambil benih atau anakan ikan lele. Gunakan penampunga sementara berupa ember yang diisi dengan air dari kolam. Disarankan lakukan pada malam hari agar menjaga suhu air di dalam kolam.

Tahap pendederan

Tahap pendederan merupakan proses pembesaran benih hingga berukuran siap panen. Ukuran panaen yang siap dijual biasanya berkisar antara 5 hingga 7 cm atau ukuran 9 hingga 12 cm. Tapi perlu anada ketahui, pada kolam pendederan disarankan menggunakan penutup pada permukssn kolam. Penutupan permukaan kolam dapat menggunakan eceng gondok. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan suhu di dalam kolam agar lele anda tidak mudah stress. Selama di dalam kolam pendederan anda sebaiknya memberikan pakan secara teratur.

Pakan untuk ternak lele pemula

Factor utama keberhasilan dalam ternak lele pemula adalah pemberian pakan. Anda harus memperhatikan pakan yang menyesuiakan dengan usia lele anda. Untuk lele yang berumur 3 hingga 4 hari dapat diberikan pakan alami berupa plankton, cacing kecil, jentik-jrntik serta kutu air.
Untuk lele yang berumur diatas 4 hari pemberian pakan harus kaya akan kandungan protein. Pemberian harus dilakukan secara berkala. Lakukan perawaatan secara maksimal. Anda harus sering melakukan pengamatan karena anakan lele banyak yang mati setelah benih disebar.
Sumber : infoagrobisnis. com

0 comments:

Post a Comment

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi Kami merupakan penyedia benih lele berkualitas yang sudah berpengalaman lama dibidang budidaya pemb...