Banner 468 x 60px


Sedia bibit lele dan lele konsumsi | Pemesanan bisa datang langsung atau online | Melayani Pengiriman Lokal dan Luar daerah seta luar pulau| Komplek Siliwangi Jaya Desa Negla Rt.03/07 Losari - Brebes, Jawa Tengah | call - sms - wa 08978871061 / 087705000294
 

Tuesday, June 5, 2018

Budidaya Kecoa Madagaskar

0 comments

Budidaya Pengembangan kecoa madagaskar

Kecoa madagaskar merupakan salah satu jenis kecoa yang berasal dari pulau madagaskar yang merupakan hewan endemik dari pulau tersebut. di amerika mereka menyebut dengan kecoa madagaskar mendesis madagascar hissing cockroaches dan juga dikenal dengan nama ilmiah gromphadorhina portentosa

Kecoa madagaskar dikenal mendesis karena keunikan mereka yang dapat mengeluarkan suara mendesis terutama ketika mereka disentuh atau diganggu. kecoa madagaskar merupakan salah satu serangga yang menarik hal ini karena kemampuan yang dimilikinya yang tidak biasa dalam menghasilkan suara 
                                                           kecoa madagaskar

Kandungan protein yang terdapat dikecoa ini ternyata lebih tinggi daripada jangkrik serta disukai oleh predator seperti burung dan kadal , akan membuatnya menjadi hewan populer baru.

Untuk membudidayakan kecoa ini sangat mudah karena kecoa madagaskar mampu bertahan hidup mulai dari 1.5 sampai 2 tahun lamanya

Kecoa Madagaskar (Gromphadorhina portentosa) berasal dari Pulau Madagaskar yang merupakan daratan Afrika. Kecoa ini memiliki gerakan yang lebih lambat dari kecoa yang sering ditemui di rumah, sehingga gampang ditangani. Ia tidak berbau, kulitnya yang berwarna kuning sampai hitam mengkilat dan tidak terbang. diIndonesia, kecoa Madagaskar banyak diternakkan untuk pakan

Cara budidaya kecoa madagaskar


Persiapan yang diperlukan dalam budidaya kecoa madagaskar 

  • Kontainer plastik
Jika ingin membudidayakan dalam sekala besar , dapat menggunakan kontainer plastik yang berukuran besar, kurang lebih 90 liter itu dikarenakan perkembanganya cukup cepat. dalam sekali beranak kecoa madagaskar mampu beranak 20 hingga 40 nymph (anak kecoa yang baru lahir). 
  • Tatakan telur
Agar dapat memperluas wilayah daripada kandang, kalian bisa mengunakan tatakan telur karena kecoa madagaskar jantan bersifat sangat agresif jika ada kecoa madagaskar jantan lain yang memasuki wilayah teritorial mereka. Hal ini bisa menyebabkan perkelahian meskipun tidak berujung kematian.
  • Makanan dan minuman
Makanan kecoa madagaskar sangat bervariasi pada umumnya bisa menggunakan buah-buahan, sayur segar, pelet ayam dan semua jenis pelet kering yang merupakan makanan yang tinggi protein.

Untuk minumanya kalian cukup diberikan sebuah wadah yang diisi dengan kapas biasa atau bisa juga gunakan kapas filter aquarium agar nymph kecoa madagaskar tidak berenang-renang pada saat ingin minum. 

Langkah - langkah budidaya kecoa madagaskar

  1. Buat kandang yang terbuat dari terrarium atau aquarium atau bisa juga menggunakan kontainer plastik yang digunakan kusus untuk 8 ekor betina serta 2 ekor jantan (kurang lebih berukuran 45 cm).
  2. Selanjutnya isi dasar kontainer dengan berbagai macam media seperti serbuk kayu, pasir atau sekam. lalu masukan egg tray yang terbuat dari kardus sebagai tempat persembunyianya.
  3. Kecoa ini akan mulai produktif pada saat mereka berusia 6 hingga 8  bulan. kecoa madagaskar cepat berkembang biak. Sekali beranak mereka bisa menghasilkan 20 hingga 40 ekor.

Kecoa madagaskar dapat hidup dengan baik dalam suhu ruangan dan kelembaban indoor. Dengan syarat tempat mereka jangan sampai berjamur.

Kecoa madagaskar merupakan jenis omnivora atau pemakan segala. Akan tetapi kalian cukup memberikan sayur-sayuran, buah -buahan dan pelet. ada baiknya memisahkan antara kecoa muda, kecoa produktif dan kecoa tua. 

Membedakan kecoa madagaskar jantan dan betina sangatlah mudah. Kecoa madagaskar jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina. 

Selain itu kecoa jantan memiliki tanduk kecil disertai dengan rambut-rambut halus yang ada didekat kepalanya. 

Dalam waktu 3 bulan kalian sudah mendapatkan anakan yang banyak sehingga kalian harus memisahkan induknya ke kontainer yang baru terpisah dari anaknya. 

sumber : ilmuhewan. com dan qubicle.id/story/cara-pelihara-kecoa-madagaskar


UNTUK INFORMASI PEMESANAN , PEMBELIAN SERTA DETAIL HARGA SILAHKAN HUBUNGI NOMOR DIBAWAH .. !!! 

Fish Farm Sangkuriang " Sikumis Negla"

0 comments:

Post a Comment

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi Kami merupakan penyedia benih lele berkualitas yang sudah berpengalaman lama dibidang budidaya pemb...