Banner 468 x 60px


Sedia bibit lele dan lele konsumsi | Pemesanan bisa datang langsung atau online | Melayani Pengiriman Lokal dan Luar daerah seta luar pulau| Komplek Siliwangi Jaya Desa Negla Rt.03/07 Losari - Brebes, Jawa Tengah | call - sms - wa 08978871061 / 087705000294
 

Monday, June 4, 2018

Perawatan Larva Ikan Lele

0 comments

Perawatan larva ikan lele 


Perawatan larva ikan lele dari penetasan, setelah indukan lele dipijahkan biasanya akan menghasilkan telur, kemudaian telur-telur dari hasil pemijahan yang sudah dibuai biasanya akan menetas menjadi larva-larva ikan lele.

Apabila larva-larva ikan lele sudah bermunculan maka langkah selanjutnya adalah perawatan larva-larva tersebut dari kolam penetasan. dan kita pindahkan larva tersebut ke kolam aquarium, karena aquarium memudahkan kita dalam pemantauan.

larva yang telah menetas biasanya berwarna hijau dan berkumpul pada dasar kolam penetasan. Kita juga harus memperhatikan kondisi air, sebaiknya kita ganti air kolam pemeliharaan larva setiap 2 hari sekali, tujuanya untuk membuang kotoran serta cangkang telur dari penetasan begitu juga telur-telur yang tidak menetas.
                                                                 larva ikan lele


Kondisi larva yang masih kecil dan lembut, maka pada saat pergantian air kita harus extra hati-hati agar larva tidak ikut terbuang, kita harus rutin membuang kotoran yang bercampur dengan air dikolam, dan apabila kotoran ini dibiarkan maka kotoran tersebut akan mengendap didalam kolam dan akan menimbulkan pembusukan, hal ini dikawatirkan karna endapan kotoran akan menimbulkan penyakit yang akan membahayakan kelangsungan hidup larva. 

Pemberian pakan pada larva ikan lele

larva ikan lele yang sudah menetas jangan langsung diberi pakan, karena larva ikan lele tersebut masih memiliki cadangan makanan. dan cadangan makanan tersebut bisa bertahan selama 4 hari. setelah 5 hari maka pakan larva yang kita berikan harus bernutrisi tinggi, dan  harus sesui dengan ukuran mulut larva, pakan yang kita berikan berupa emulsi kuning telu, daphnia sp /kutu air, tubivex sp/ cacing sutera. atau artenia sp. pemberian pakan jangan terlalu banyak yang penting sesui kebutuhan. Bila terlalu banyak biasanya pakan larva yang didak dimakan akan mengendap kedalam kolam dan  membusuk dan menjadikan kolam  menjadi kotor. Kita berikan pakan secara berkala 5x dalam sehari.

Mengenai jatah makan, ketika  larva berumur 4-5 hari kita berikan emulsi kuning telur. Untuk larva yang berumur 6 hari sampa 13 hari kita berikan artemia sp. selanjutnya pada hari ke 17 sampai ke 21 kita berikan tubifex, dan jadwal pemberian pakan selanjutnya kita sesuaikan bibit lele tersebut. karena bibit lele sudah mempunyai ukuran yang agak besar.

sumber : kabar tani.com

0 comments:

Post a Comment

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi Kami merupakan penyedia benih lele berkualitas yang sudah berpengalaman lama dibidang budidaya pemb...