Banner 468 x 60px


Sedia bibit lele dan lele konsumsi | Pemesanan bisa datang langsung atau online | Melayani Pengiriman Lokal dan Luar daerah seta luar pulau| Komplek Siliwangi Jaya Desa Negla Rt.03/07 Losari - Brebes, Jawa Tengah | call - sms - wa 08978871061 / 087705000294
 

Wednesday, May 30, 2018

Lele Goreng Sambal Cabai Pedas

0 comments

Bahan-Bahan:

  • 4 ekor ikan lele
  • 2 buah cabai hijau besar, diiris
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 2 buah cabai merah besar, diiris

Bumbu Halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
                                                        lele goreng sambal cabai pedas

Persiapan Membuat Lele Goreng Sambal Cabai yang Pedas:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Terlebih dahulu silahkan bersihkan ikan lelenya secara merata. Cara ini akan penting anda lakukan untuk memudahkan anda sebelum memasak sajian ini.
  2. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan ikan adalah dengan membawa ikan lele ke tempat cucian. Pertama kita akan bersihkan lendir licin pada ikan lele secara merata.
  3. Untuk membersihkan lendir ini, dapat anda lakukan dengan cara menaburkan abu gosok pada bagian permukaan ikan lele secara merata. Lalu gosokan dengan merata sampai ikan lele menjadi lebih kesat.
  4. Setelah selesai anda akan dapat membersihkan insang secara merata. Insang ikan pada ikan lele terletak pada bagian bawah kepala ikan. Caranya anda akan dapat mengait bagian insang secara merata.
  5. Lalu bersihkan insang secara merata dengan menggunakan air yang mengalir. Lalu lanjutkan cara ini dengan membersihkan bagian perut ikan.
  6. Caranya kerat bagian perut ikan secara merata dengan menggunakan pisau. Lalu keluarkan bagian isiannya secara merata.
  7. Setelah itu, bersihkan kembali bagian perut ikan secara merata dengan air yang mengalir sampai bersih. Lakukan cara yang sama pada ikan lele yang masih ada. Lalu sisihkan.

Cara Membuat Lele Goreng Sambal Cabai yang Pedas:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara mengerat bagian tubuh ikan lele dengan menggunakan pisau. Cara ini dilakukan agar daging bumbu yang dibalurkan pada ikan lele tercampur secara merata kedalamnya dan meresap.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan melumuri ikan lele dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata dan tambahkan garam. Bahan lumuran ini diberikan untuk mengurangi bau amis yang ada pada ikan lele secara merata.
  3. Setelah diberikan bahan lumuran diatas maka anda akan dapat menyisihkan ikan dengan bumbu diatas selama kurang lebih 10 menit secara merata.
  4. Lalu kemudian siapkan sebuah wajan dan panaskan diatas api yang sedang. Lalu setelah itu, masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  5. Bila sudah panas maka goreng ikan lele kedalamnya sampai matang dan bagian luarnya kering serta berwarna kecoklatan. Angkat bahan ini dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu.
  6. Untuk membuat sambal kali ini, terlebih dahulu tumis bumbu halus sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Lalu masukkan cabai merah kedalamnya bersama dengan cabai hijau.
  7. Setelah itu, masukkan air kedalamnya dan masak sampai sajian ini matang dan meresap dengan merata. Masukkan lele kedalamnya dan tunggu sampai bumbu meresap kedalam lele.
Nah, setelah matang sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat. Paling cocok menyantap hidangan ini bersama dengan nasi hangat dan lalapan segar.
 

0 comments:

Post a Comment

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi

Jual Benih Lele dan Lele Konsumsi Kami merupakan penyedia benih lele berkualitas yang sudah berpengalaman lama dibidang budidaya pemb...